Tuesday, May 28, 2013

Waisak Tanpa Lampion

Siang itu bertepatan di hari waisak, gue lega banget akhirnya bisa sampai Magelang tepat waktu. Setelah jalan berkilo-kilo meter karena Miscomunication tentang jarak hotel dari terminal. Kekesalan itu luntur waktu dapet free pass dari hotel untuk masuk Candi Borobudur untuk lihat pelepasan lampion malam nanti.
Setelah istirahat sebentar di hotel, gue ga sabaran pengen cepet-cepet ke candi. secara, baru kali ini nginjekin kaki di jogja. Apalagi nanti malam ada acara pelepasan waisak, yang sebenernya adalah tujuan utama gue disini.

Sore itu gue, sepupu (Uni Nina), & temen (chyntia) langsung menuju borobudur, gue sebagai perancang itinerary ga nyangka ternyata hotel kita lumayan jauh dari borobudur, akhirnya kita naik ojek deh menuju Borobudur tapi ga apa-apalah ya, daripada gempor kayak tadi siang.

Sampai di Borobudur, seneng banget liat sendiri candi raksasa ini. Besar ya, tapi sayang rame banget *ya iyalah*. mau naik ke atas aja antri, belum lagi di atas mau ambil foto susah karena banyak yang lewat-lewat dan seenaknya aja berdiri depan kamera. tapi ya mau gimana lagi. akhirnya cuma muterin Borobudur, ngamatin megahnya candi sambil mikir "ini gimana cara bikinnya ya?".

Setelah puas liat-liat candi & orang yang makin rame, akhirnya gue & uni mutusin buat turun. sempet kepisah sama chyntia di candi, karena dia keasikan hunting foto, kita (gue & Uni) ga bisa ngehubungin pula karena selama di candi ga dapet signal. tapi akhirnya ketemu lagi di altar tempat prosesi waisak. 

Semakin malam, ternyata pengunjung yang mau liat pelepasan lampion makin banyak yang dateng. dan waktu itu rombongan yang dateng ini uncontrolled, cekikikan kenceng-kenceng bareng temennya, padahal ini prosesi ritual keagamaan lho. bukannya seharusnya kita menghormati, gue pun sebelumnya udah banyak baca tentang prosesi waisak ini di blog dan juga di twitter, yang akhir-akhir ini ngewanti-wanti pengunjung yang dateng untuk liat prosesia pelepasan lampion supaya menaati peraturan & menghormati umat budha dan juga ga ambil foto di atas panggung. tapi ternyata ga semua pengunjung ini naatin, entah mereka yang ga tau atau gimana. yang jelas hari itu memang beda dari yang gue baca di blog-blog, dan juga hari itu pengunjung yang datang lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya.

Acara waktu itu sempat molor, karena mentri agama & gubernur DIY Jogja (sekarang mantan gubernur) terlambat datang. datangnyapun ketika hujan udah turun, dan sempet di "Boo" sama pengunjung. duh, ampun deh padahal ini ritual agama. yang kesel gue inget banget ada kelompok pengunjung yang diri di belakang gue nyorakin sambil teriak ala-ala "monyet" suer itu annoying banget.

Setelah sambutan selesai, hujan pun makin deras, gue agak pesimis sama pelepasan lampion. tapi kita tetap antri nukerin stiker untuk dapetin lampion, dapet info katanya lampion ga bisa dibagiin kalo hujannya ga berenti tapi kita tetep antri mau dengar langsung dari panitia. sebenernya kita cuma beli lampion 1 seharga 100rb, tapi antrinya bertiga karena saling mayungin hehehe. pas lagi antri ada ibu-ibu datengin kita dan minta tolong untuk nerbangin 2 lampionnya, kita sih seneng banget berarti 1 orang bisa nerbangin lampion. eh tapi apa daya ternyata setelah antri akhirnya diumumin ternyata pelepasan lampion dibatalkan karena hujan. dapet option stiker di refund atau Titip untuk di terbangin besok. akhirnya kita titip aja untuk tetap diterbangin beserta stiker titipan si ibu tadi. kita bertiga punya wishes yang sama di stiker itu, makanya excited untuk tetap diterbangin.

Setelah hujan makin deras, kita buru-buru keluar pelataran candi, karena udah laper banget. untuk keluar aja susahnya minta ampun, gue sama uni satu payung, chyntia sendiri. tanpa payung aja keluar dikeramaian gitu udah susah, kebayang deh ditengah hujan dengan payung, perjuangan banget. apalagi si uni parno waktu mau keluar dari kerumunan itu kan sambil ada doa dari biksu. si uni bilang dia berasa lagi di film horror thailand.

kalo dibilang kecewa ya pasti kecewa karena ga bisa liat pelepasan lampion, tapi mau gimana lagi, itu semua kan di luar dugaan, siapa yang tau kalo ternyata malam itu ternyata hujan deras. setelah selesai acara malam itu, besokannya gue baca di twitter kalo prosesi waisak kacau karena turis yang ga bisa di atur, ga menghormati umat budha, dan yang lebih parah sih gue liat foto cewe pake hotpants moto biksu yang lagi berdoa di candi, duh.

Kayanya sih ga perlu dikasih tau ya, dimana-mana juga yang namanya prosesi keagamaan harus dengan pakaian yang sopan. kemarin sih gue masih liat cewek-cewek yang pake pakaian minim ya pake hotpantslah, pake yang bra & punggungnya kebukalah. dan ada wacana juga di twitter, kalo pengunjung ga bisa diatur dan ga bisa menghormati umat budha mending perayaan waisak tahun depan bisa ditutup untuk umum. kalo gue sih jujur setuju, karena di indonesia ini agak susah ya bikin acara dimana pengunjung bisa taat sama peraturan.

Nah buat yang mau dateng ke acara waisak tahun depan (kalau dibuka untuk umum) gue saranin baca & hormati peraturan, antara lain:
- Pakai pakaian yang sopan.
- Jangan ambil gambar biksu yang sedang berdoa dari depan, ga sopan & bisa mengganggu.
- Jangan ambil gambar dengan flash.
- Jangan ketawa-ketawa dengan suara keras, ini bukan di cafe.
- Jangan berfoto di atas panggung.

Ini beberapa foto yang sempet gue ambil.


Rame banget ya.










Dari twitter arbain rambey, ada lady hotpants yang berdiri di atas stupa itu untuk foto biksu ini.



Karpet kuning ini sebenernya bukan untuk didudukin pengunjung, tapi memang ga ada info untuk ini. gue-pun baru tau belakangan.

Sebelum Hujan.



1 comment:

  1. Hey man! Great post but I really wanted to just drop a comment on your blog. Your blog has a super cool design. Is this wordpress by chance? koglenlampe.dk

    ReplyDelete