Monday, January 28, 2013

Belajar Jepang dari Blog

Akhir-akhir ini lagi suka banget baca Blog yang nulis tentang kebudayaan jepang. saking asyiknya baca ga nyangka aja baca dari siang sampe tengah malam hehehe. Baca blog-blog itu jadi pengen banget cepet-cepet ke jepang. pengen liat & ngamatin sendiri kebudayaan & perilaku mereka yang unik itu.

Ini beberapa referensi blog yang gw suka baca, semua blog ini penulisnya orang indonesia yang pernah ataupun masih netap disana. yang memang pengen tahu & memang tertarik harus baca deh.

  1. Life Is Journey Penulis blog ini adalah Junanto Herdiawan, seorang analis ekonomi di Tokyo, Jepang. malah udah bikin buku tentang jepang yang sebagian pernah ditulis di blognya. Judul bukunya "Japan After Shock" & "Shocking Japan". Banyak hal tentang "kemanusiaan" yang gue pelajari dari blog pak junanto.
  2. Otoke Mae, Penulisnya adalah Seorang asli palembang (gue ga tau namanya) yang pernah magang di Jepang selama 3 tahun. dia banyak bercerita tentang sifat orang Jepang yang "Beda". bedanya sama pak Junanto mungkin kalo pak Junanto lebih banyak cerita tentang Hal positif (maksudnya sifatnya ya) tapi kalo di Blog ini justru lebih banyak cerita tentang, ya ga semua orang jepang itu disiplin & bisa baca huruf kanji. buat gue mungkin another sidenya kali ya.
  3. Notebook, ini penulisnya yang sedang berkuliah di jepang. udah baca dikit, touching banget.
  4. Jalan-jalan..Travelingmelala..Voyages.. panjang ya judul Blognya. kalo yang ini gue baru baca sedikit sih. jadi belum bisa review lebih banyak.
  5. Orang Jepang yang jatuh cinta pada Iwan Fals yang ini juga belom banyak baca hehehe.

Yang memang suka ngamatin kebudayaan Jepang seperti gue, monggo di baca. apalagi yang lagi kerja di perusahaan Jepang, coba deh dipelajari sifat-sifat orang Jepang itu biar disayang bos, biar ga kaget liat bos yang suka banting pintu, mukul meja atau ngomong teriak-teriak kalo lagi marah.

Curcol dikit, gue juga dulu pernah kerja di perusahaan jepang. gue udah diwanti-wanti nyokab kalo watak orang jepang itu keras & ga usah kaget kalo dia lagi marah-marah. eh, guenya udah nerapin apa yang di wejangin nyokab ternyata malah orang indonesianya yang usil, suka ngomongin karyawan ke bos.

Yang paling penting bolehlah kita nyontoh hal-hal positif dari mereka, contoh yang paling dasar itu disiplin & punya rasa "malu"


Arigatou Gozaimas ^__^



No comments:

Post a Comment