Thursday, November 8, 2012

Gede mba, 2 Juta kalo di Rupiah-in...


Gue mau cerita sedikit tentang pengalaman gue nunggu boarding di Bandara Soetta sewaktu gue & Dini mau ke Singapore. pas masuk ke gate D4, semua Passanger yang rata-rata "mba-mba" itu matanya pada mengarah ke kita berdua. karena bangku yang tersedia udah penuh, jadilah kita duduknya nyempil (1 kursi berdua, note: ukuran kursinya buat 1 setengah orang hehehe).

Ga lama kemudian, salah satu mba itu tanya:
Mba A: Mau kemana mba?
gue & Dini: Singapur. mba mau kemana?
Mba A: Abu dhabi.
gue & Dini: oooo...

hening...
teruuus dilanjutin.
Mba A: Kalo di Singapur gajinya gede ya mba?
Gue & Dini: saling liat-liatan *bingung* ga lama kemudian nyadar kalo mereka ternyata nganggep kita TKI yang mau balik ke Singapur. *nasib muka deso*.

Gue & Dini: ga mba, kita ke singapur mau jalan-jalan.
Mba A: oo
Gue & Dini: Mba kerja di Abu dhabi?
Mba A: Iya.
Dini: Kalo kerja di luar situ gajinya gede ya mba?
Mba A: Iya Mba gede.
Gue & Dini: *penasaran* berapa sih mba perbulannya?
Mba A: 2 Juta
Gue & Dini: AMAZE! 2 Juta? 2 juta Mata uang sana?
Mba A: bukan, 2 Juta kalo udah di Rupiahin.
Gue & Dini: JLEB! miris banget, sumpah.

Seketika gue & Dini terpaku, mikirin nasib mereka. gue mungkin sering banget ngeluh tentang gaji gue yang ga seberapa ini. tapi coba deh liat mereka, mereka kerja jadi pembantu rumah tangga di luar negeri & negeri tempat mereka kerjapun bukan negara tetangga yang sering banget ngeremehin TKI tapi ternyata jasa mereka cuma dihargai segitu, jadi gimana yang kerja di negeri tetangga itu ya?

Apalagi belakangan ada brosur "indonesia maid on sale" itu bener-bener kebangetan & yang gue sayangin, kemana ya pemerintah indonesia?? mereka bener-bener udah buta mata hati & pikiran. cuma mikirin diri mereka sendiri. ga heranlah banyak orang pinter & maju yang milih ninggalin Indonesia, yang menurut gue susah banget buat di rubahnya mau sampai berpuluh-puluh tahun sekalipun.
 
Gue & Dini lanjut ngobrol-ngobrol sama mba-mba itu (lupa nanya nama). mereka cerita kalo di sana di kontrak selama 2 sampai 3 tahun setelah kontrak habis balik ke Indonesia, kalo ada kerjaan lagi mereka kesana lagi. gue juga sempet tanya majikannya gimana, dan beruntungnya mereka punya majikan yang baik-baik selama disana, bahkan salah satu mba itu cerita waktu mau balik ke indonesia di akhir masa kontraknya dia sempet sakit padahal waktu itu lagi turun salju disana & dia mau ke luar untuk liat salju tapi sama majikannya ga boleh karena dia lagi sakit.

gue berdoa semoga mba-mba ini yang "Truly pahlawan" devisa ini selalu dikasih kesehatan, kemudahan dalam bekerja & bisa kembali ke Jakarta ketemu dengan keluarganya dalam keadaan bahagia, amin.


No comments:

Post a Comment