Sunday, October 28, 2012

The Singapore Adventure, Day 1

Singapore, collage picture

Horee Alhamdulillah misi gue untuk ke luar negeri tahun ini kesampean juga hehehe, dengan segala niatan gue & Dini mutusin buat travelling ke luar negeri ala backpaker lebih tepatnya sih Travel Budget.

Beli tiket udah dari bulan Juli, booking Jetstar yang waktu itu lagi promo jadi cuma bayar USD10 alias 100rb aja, tiket baliknya ga promo jadi gue pilih naik Lion air aja, berhubung Lion udah termasuk 20kg free bagasi (kali aja kalap belanja disana) oia balik ke Jakarta dapet tiket 560rb.

kalo dipikir-pikir gue sama dini tuh nekat juga ya, kita ke luar negeri untuk pertama kali tanpa didampingin sama orang yang udah pengalaman sebelumnya. tapi ya kenapa ga? mumpung masih muda & challengenya pasti lebih seru. lagipula negara yang bakal kita tuju itu masih negara asia yang culturenya & bahasanya masih nyambung kalo nyasar. eniwei thanks buat para blogger yang udah berbagi pengalaman backpakernya di sing, ceritanya ngebantu banget selama gue disana.

Now Let's get lost...

Day 1
  • Langsung menuju terminal 2 bareng Dini, naik Taxi dari Senayan.
  • cek in + bayar Airport Tax 150rb.
  • ke imigrasi, stempel paspor.
  • Nunggu di Boarding room.
  • eniwei gue baru pertama kali naik Jetstar, tadinya booking tiket yang jam 7/8 gitu, ternyata di reschedule jadi ke jam 3.12pm. dan ternyata ontime sodara-sodara. di atas dibagiin kartu embarkasi yang musti diisi & dibalikin waktu di imigrasi singapur.
  • landing jam 5.55pm waktu singapur.
(ki-ka atas) tempat istirahat di T1, (ki-ka Bawah) Prayer room yang nyaman banget.

I called it "one stop entertainment in Changi Airport"

You will never bored in this airport.
Karena sebelumnya gue udah googling tentang perjalanan ke Singapore ini, jadi gue mutusin buat ngabisin malam pertama di singapur dengan jelajahin changi yang gede & mewah itu. tapi solat maghrib dulu ya di Prayer room. di changi itu ada prayer room & meditation room yang nyaman banget untuk solat tapi klo meditation room beda ya sama prayer room.
Jadi apa aja fasilitas changi yang bisa lo nikmatin free?, nih gue jabarin satu-satu.
  • Internet gratis, ada wifi juga (password minta ke bag. information).
  • Ada theater room.
  • Ada sun flower garden.
  • Ada segala macem games dari PS & macem-macem lainnya (gue ga tau namanya apa).
  • yang paling penting ada Foot message, penting banget nih buat yang abis selesai tawaf di changi. cobain mesin ini dijamin tuh kaki bakal kuat buat tawaf ulang hahaha.
  • Ada kursi malas, semacam kursi-kursi yang biasanya ada di pinggir kolam renang. ini ada di terminal 1 & 3. pemandangannyapun cihuy banget, yaitu etalase pesawat yang pada landing hihihi.
yak, semua yang di atas itu GRATIS! asalkan lo ga langsung keluar dari pintu imigrasi.
FYI max. lo ada di dalam changi tanpa penerbangan lanjutan alias bukan transit adalah 6 jam.

Kemaren gue ga tau info ini jadi tanpa ngerasa berdosa aja numpang tidur sampe pagi, eh ga taunya jam 3 pagi dibangunin sama Dini yang udah duluan dibangunin sama security bandara buat secepatnya keluar dari imigrasi karena memang tujuan akhir kita ke singapur ga boleh lebih dari 6 jam disana.

gue yang kaget di bangunin & liat security itu dikawal sama penjaga lainnya yang bawa senjata laras panjang jadi mikir, wah jangan-jangan dideportasi nih. eh ternyata ga, cuma disuruh keluar aja ngelewatin imigrasi, nanti di luar imigrasi boleh lanjutin tidur lagi hehehe. eh tapi securitynya ganteng & baik loh (penting) bisa bahasa indonesia lagi hihi. dan yang lucunya lagi gue & Dini di kawal aja dong menuju imigrasi, ga cuma dikawal sama si ganteng tapi sama security yang bawa senjata juga (berasa teroris). #ChallengeNo.1

NOTE:
Keliling Terminal 1, 2 & 3 itu bisa naik skytrain gratis & jangan keluar imigrasi dulu ya klo mau menikmati semua fasilitasnya.