Wednesday, April 10, 2013

Interview Bikin Dilema

Sekarang kerjaan gue adalah menghadiri "Undangan" Interview. iya Interview, Interview untuk mendapatkan pekerjaan lebih tepatnya. ga keitung deh udah berapa banyak gue interview dalam 3 bulan terakhir. Tapi tetep aja gue sampai saat ini nganggur #Sad.


Setelah lulus kuliah sebenernya gue udah banyak mempersiapkan diri gue dengan banyak-banyak baca tips mengatasi interview, tapi Belakangan gue menyadari kalo gue mulai stres & dilema sama yang namanya interview. tapi walopun dilema gue justru lebih santai ngadepinnya.


Gue Dilema karena sebelumnya gue ga terlalu pasang "harga" mahal untuk skill maupun pengalaman gue, yah yang penting gue dapet kerjaan & gaji lebih gede dari yang sebelumnya. sampai suatu saat gue diinterview suatu perusahaan outsourcing, si mba yang interview gue bilang kalo "harga" yang gue patok terlalu kecil dan gue seakan ga percaya dengan kemampuan gue sendiri. okay, then i'll fix it. on my next interview.


Datanglah satu kesempatan interview di satu perusahaan, belajar dari pengalaman sebelumnya gue pasang "harga" lebih tinggi & sudah mempersiapkan diri gue lebih matang & percaya diri. sebelumnya gue juga kenalan sama kandidat yang lain sampe tuker-tukeran Pin BB segala. sambil ngobrol-ngobrol gue juga sembari "ngukur" kemampuan mereka. mereka sebagian adalah fresh graduate dan ada juga yang udah emak-emak. dari hasil "tolak ukur" gue itu, gue yakin 100% gue yang diterima karena kemampuan gue di atas mereka. eh nyatanya apa? pas malemnya gue dapet bbm aja gitu ternyata yang keterima si anak baru lulus kuliah ga berpengalaman & si emak-emak :(


Kemudian datang lagi satu kesempatan untuk interview, belajar lagi dari pengalaman sebelumnya gue jadi bingung berapa "harga" yang musti gue pasang (Kok macam judi ya? hehehe). gue pasang harga tinggi nanti ini perusahaan ga sanggup maunya nyari yang murah, nanti kalo gue pasang murah si perusahaan malah nganggep gue ga percaya akan kemampuan diri gue. aaaaaaaaargh.


Tapi gue malah makin enjoy deh ngehadepin Interview belakangan ini. mau lo (baca: perusahaan) nerima gue apa ga.  cuma dia sama tuhan yang tau kenapa di nolak atau nerima gue hahaha #stress


Note:
  • Perusahaan international ga semua karyawannya gajinya selangit.
  • Perusahaan yang letaknya di wilayah bergengsi belum tentu karyawannya gajinya gede.
  • Perusahaan yang karyawannya kekantor bak model, belom tentu gajinya sama kayak model.
  • Perusahaan kecil belum tentu karyawannya gajinya kecil. 
  • Orang kayak sule belom tentu ga punya duit #ehh

1 comment:

  1. Setuju banget sama catatannya :) Gak semua perusahaan yang besar, terkenal, penampilan karyawannya necis dan keren serta berembel-embel internasional sanggup kasih harga yang pantas ke karyawan.

    Pengalamanku malah gak pernah nego harga. Pokoknya ditawarin gaji sekian, mau hayok nggak ya udah. *tipe2 perusahaan gede kepala* hehehe. Ujung-ujungnya bertingkah gak jelas dengan nahan ijazah dan pake kontrak pinalti.

    Eh ini komen atau apa ya aku? hahaha.
    Salam kenal kembali. Makasih sudah mampir ke blogku ;)

    ReplyDelete