Tuesday, February 19, 2013

Talam Singkong (Happy Recipe)

Mumpung lagi semangat nge-Blog, gue share sekalian ini Talam Singkong yang baru aja selesai gue bikin. gue ga begitu suka makanan kenyel-kenyel dan manis ini, liatnya aja perasaan badan gue udah nolak duluan.

Tapi ini Request dari mama, yang bangunn pagi-pagi udah blender singkong terus sebelum berangkat kantor minta dibikinin talam atau ga di bikin keripik. tapi akhirnya gue jadinya mutusin bikin talam aja, karena pas gue google resep dari parutan singkong (kalo gue diblender) kayanya gampang banget bikinnya dan bahannya pun ga banyak.

Resepnya gue nyontek dari sajian sedap

Resep Dasar:

Bahan I:
500 gram singkong parut, diperas 50 ml airnya dan buang
1/2 sendok teh garam
200 gram gula merah sisir halus
200 ml santan kental dari 1 butir kelapa

Bahan II:
250 ml santan dari 1/2 butir kelapa
1/2 sendok teh garam
20 gram tepung beras
35 ml air panas
50 gram tepung sagu


Cara Pengolahan :
  1. Bahan I: remas – remas singkong parut, garam, dan gula merah. Tuang santan. Aduk rata.
  2. Tuang setinggi 3/4 cetakan cucing yang dioles tipis minyak. Kukus 15 menit dengan api sedang sampai setengah matang.
  3. Bahan II: rebus santan dan garam sambil diaduk sampai mendidih. Biarkan dingin. Ukur 225 ml.
  4. Aduk rata tepung beras dan air panas. Masukkan tepung sagu. Aduk rata. Tambahkan rebusan santan sedikit – sedikit sambil diaduk rata.
  5. Tuang ke atas bahan I. Kukus 10 menit dengan api sedang sampai matang.

Step by step dalam foto:

Bahan 1

Bahan II

Santan & Garam yang sudah didihkan

Loyang 1, Lapis pertama

Lapis ke 2, kukusnya di magic com

Ini Loyang ke 2, yang sudah selesai.

Ternyata untuk resep di atas jadinya banyak juga, gue sampe pake 2 loyang. ga tau deh nih siapa yang mau ngabisin. karena gue pun ga terlalu suka.
Oiya untuk rasanya, menurut gue udah sama seperti yang di jual di pasaran. tapi ga tau deh menurut juri gue (baca: nyokab).


Note : Lapis ke 2 yang putih udah gue kukus selama 10 menit tapi kok tetep cair, gue ga ngerti apa bahan gue terlalu cair atau emang itu belom mateng. akhirnya gue kukus terus sampe hampir 20 menit lagi tapi sama aja. akhirnya gue udahin aja & didinginin ternyata setelah dingin jadi keras sendiri (bukan keras sih padat).


Selamat Mencoba!!


Next Cooking Resolution: 
- Fusilli Carbonara
- Sushi
- Cup Cake
- Puff Pastry







No comments:

Post a Comment