Thursday, November 17, 2011

Biaya hidup di kota kecil ini ternyata mahal -_-

Udah 4 hari ini aku mulai mandiri sendiri di kosan, mulai mengurusi keperluanku sendiri.
sebenernya ga ada bedanya sama di rumah tapi yang mulai harus aku biasakan adalah menyiapkan makan untuk diri sendiri. dulu di rumah mama memang jarang masak, jadi masak sendiri aja dari bahan-bahan yang ada dikulkas. tapi disini sayangnya di kosan yang mahal ini ga disediain dapur :(.

Awal dateng ke kota ini sama mama, naik travel dari bandara dengan tarif 50rb/org. dengan biaya segitu aku pikir untuk 2 orang tapi ternyata untuk 1 orang, hmm lumayan mahal juga. tapi karena memang perjalanannya yang memakan waktu 1,5 jam itu jadi aku maklum.
diperjalanan mobil travel sempat berenti karena mau gabungin penumpang di mobil lain ke mobil yang aku tumpangin. jadi total waktu itu 4 penumpang. si ibu yang baru aja pindah travel cerita sama nyokab kalo dia cuma bayar travel 30rb dan memang tarifnya segitu. okay berarti gw n nyokab ditipu si tukang travel. tapi karena alasan ngebantu nyokab ga permasalahin. di jalan ternyata travel masih ambil penumpang jadi total penumpang 1 APV itu 8 orang sudah termasuk supir.

Sampai di Bukittinggi itu lalu mama minta tolong diantarkan ke hotel, tadinya kami mau nginap di hotel dekat Jam Gadang tapi ternyata penuh jadi kami cari yang lain. hotel yang kemudian kami pilih bentuk eksterior bangunannya lebih baik dari yang sebelumnya kami datangi. akhirnya disana ada kamar kosong dan karena sudah letih di jalan akhirnya kami ambil kamar disana. tapi aku lumayan tercengang juga dengan tarif  /malam di hotel itu karena menurut aku terlalu mahal dengan fasilitas tanpa AC karena emg disana ga pake ACpun udah menggigil, double bed, TV, water heater /malam dikenakan hampir 270rb. dengan harga segitu hotel itu ga nyediain kopi, teh, gula dan teko pemanas air selayaknya di hotel lain. uhh kecewa banget, di atas meja cuma disediain termos itupun airnya dingin & musti call resepsionis dulu buat ngisiin

Terakhir aku nginep di cottage daarut tauhid tarif permalamnya cuma 250rb tanpa AC *karena emang bandung udah dingin tapi fasilitas & interiornya oke banget. Worthedlah pokoknya. lah kok ini kota kecil masih bisa dicapai dan ga terpencil amat aja mahal :(.
2 hari aku nginep disitu akhirnya hari ketiga mulai cari kosan biar lebih irit. kosan disini jumlahnya ga terlalu banyak. lagi muter-muter di perumahan warga yang ga jauh dari jam gadang terpampang no telp kosan, lalu aku hubungin no yg tertera disitu. dengan petunjuk si ibu yang punya kosan akhirnya aku & mama nyampe kosan terus ditunjukin kamar kosannya. bentuknya rumah tua, waktu aku liat kosan itu omaigod ga banget jadi waktu pintu kosannya di buka ada kamar mandi jorok trus d pinggirnya ada 3 pintu kamar yang 2 udah ada yang isi. si ibu nunjuk ke kamar yang paling pojok yang belum ditempatin. pas kamarnya dibuka gw ga yakin bisa tinggal disitu, kamar yang gelap di bangunan tua dan tanpa jendela omaigod. dia nawarin 400rb/kamar. gila kamar begitu 400rb. nyokab aja punya kontrakan di padang setahun cuma 5jt bersih & kamar mandi di dalam.
setelah nolak dengan halus ke si ibu yang punya. di jalan mama ngomel-ngomel, katanya itu ga layak jadi kosan kok tega banget kandang kuda di jadiin kosan.
oia disini aku ketemu teman kuliah dulu, dia lagi cari kerja disini & kebetulan ngekos. jadi aku minta tolong dia buat cariin kosan. dikosannya sih ada yang kosong tapi letaknya di lantai 2 & di lantai 2 itu ga ada yang tinggalin jadi aku ga mau, selain itu juga aku kurang sreg karena jorok harga perbulannya 500rb. anjrit kosan disini mahal banget. setara sama kosan di kampus aku yang daerah kuningan, rasuna said. ckckck geleng-geleng kepala aku ga percaya. emang sih kota wisata, tapi di bandung yang sebenernya lebih menarik aja ga mahal-mahal amat kayak disini. aku cuma manyun mikirin gimana caranya kerja disini dengan gaji yang ga gede tapi harus bayar kosan semahal itu.
kemudian aku liat kosan lain yang baru dibangun, ga jauh dari kosan dida. bangunannya sih bagus seperti rumah mewah. aku dan dida coba hubungin yang punya sambil liat tarif kosan yang terpampang. lagi-lagi aku shock karena harga kosan disini ga main-main mahalnya. harganya mulai dari 300rb -700rb, yang tersisa tinggal kamar yang 500rb & 600rb. kamar yang 500rb lumayan besar tapi kamar mandi diluar dan langit-langitnya ga seluruhnya ketutup & kamar satunya lagi lebih kecil dengan kamar mandi di dalam dilengkapi water heater. aku jadi inget kosan si sil, sepupuku di daerah ciputat ga jauh dari UIN dia ngekos /bulan 600rb
di sebuah rumah mewah yang kokoh didesain untuk kosan lengkap dengan dapur.
dan ini aku ngekos di kota kecil seharga 600rb di rumah yang terlihat mewah dari luar tapi ga terlalu kuat kalo diliat dari dlm dan tanpa dapur. can you imagine??.
sampe sekarang aku penasaran apa sih yang bikin kosan ini begitu mahal disini :(

3 comments:

  1. mbak biaya hidup buat anak kost di padang mahal dong ya???
    kalo tempat wisatanya juga mahal2 ya ?

    ReplyDelete
  2. Kalau menurut saya mahal buat pendatang dan yang tidak pandai berbahasa minang.

    ReplyDelete
  3. kalau pakai bahasa minang masuk Panorama aja bisa gratis lewat beelakang... wkwkwkw

    ReplyDelete